iklan responsive
Berdosa jalin hubungan dengan individu yang sudah berumah
tangga, apatah lagi menyebabkan berlaku perceraian.
Merebut pasangan samada suami atau isteri milik
orang lain terutamanya di kalangan kenalan terdekat sama seperti merampas hak
milik orang lain yang akan mengakibatkan persengketaan.
Memang tiada istilah karma di dalam agama Islam
namun, sebagai seorang muslim, kita haruslah percaya bahawa setiap perbuatan
yang baik akan dibalas baik dan setiap perbuatan yang jahat akan mendapat
balasan yang setimpalnya.
Hakikatnya, keruntuhan hidup pasangan suami isteri
sehingga berlaku perceraian sering dikaitkan dengan kemunculan orang ketiga,
sama ada campur tangan keluarga atau pasangan menjalin hubungan dengan individu
lain.
Mengulas isu orang ketiga ini, pakar motivasi
terkenal, Wan Akashah Wan Abdul Hamid, berkata, individu yang berniat untuk
meruntuhkan rumah tangga orang lain adalah melakukan dosa, malah menjalin
hubungan dengan suami atau isteri orang juga haram hukumnya.
Ini termasuk mengirim khidmat sistem pesanan ringkas
(SMS) atau mengadakan pertemuan dengan seseorang yang sudah mendirikan rumah
tangga.
“Menjalin hubungan dengan suami atau isteri orang
haram hukumnya kerana pujuk rayu dalam perhubungan itu punca kepada kejahatan
sebab Allah sudah mengatakan jangan hampiri zina.
“Jika wanita mengetahui lelaki yang didampingi itu
adalah suami orang, tetapi tetap meneruskan perhubungan berkenaan, ia
membuktikan wanita terbabit memiliki iman yang lemah dan hati yang keras,”
katanya ketika dihubungi, baru-baru ini.
Cinta yang halal ialah cinta kepada isteri atau
suami sendiri.Manakala yang haram ialah mencintai yang bukan hak dan kepunyaan
kita iaitu isteri atau suami orang lain.Sesungguhnya perbuatan mencintai isteri
atau suami orang lain adalah punca kepada keruntuhan dan kehancuran rumah
tangga sesebuah keluarga , dan perbuatan tersebut amat dimurkai oleh Rasulullah
SAW sebagaimana dalam sebuah hadis :
ليس منا من خبب ( اي فسد ) إمـــرأة على زوجها
“Bukan dikalangan kami (umat nabi Muhammad) orang
yang merosakkan hubungan seorang isteri dengan suaminya”
(HR Abu Daud : 2175 dan dinilai SAHIH oleh As-Syaikh
Al-Albani dalam “Sahih wa dho’if Sunan Abi Daud”)
Wan Akashah berkata, berdasarkan pengalaman, punca
utama kepada permasalahan yang berlaku dalam rumah tangga biasanya disebabkan
lelaki yang menjerumuskan diri mereka dalam hubungan terlarang seperti itu.
Katanya, kepercayaan isteri terhadap suami yang
keluar rumah untuk mencari rezeki dikhianati apabila suami menggunakan
kesempatan berada jauh daripada isteri untuk bersama wanita lain.
“Suami yang berlaku curang sebenarnya sudah
melanggar amanah Allah kerana isteri adalah amanah yang diberi kepada mereka
untuk dijaga sebaiknya.
“Malah, jika hati isteri disakiti, dikecewakan,
dianiaya atau isteri berasa kecil hati sekalipun, itu adalah satu penganiayaan
dilakukan suami yang termasuk dalam pengabaian nafkah batin,” katanya.
Katanya, isteri yang tidak mampu menangani masalah
seumpama itu diharuskan untuk menuntut cerai daripada suami sama ada melalui
cerai taklik, fasakh atau khuluk.
“Banyak kes membabitkan orang ketiga ini berlaku dan
haram hukumnya jika orang ketiga ini merampas hak wanita lain dan memisahkan
hubungan antara suami dan isteri serta ayah dan anak-anak.
“Sebenarnya, lagi terkenal seseorang individu itu,
lagi besar ujian yang dihadapinya dan ianya perlu dilalui dengan penuh
kesabaran.
“Untuk melepasi ujian yang mencabar hingga boleh
menjejaskan nama baik, kita perlu menjaga hubungan dengan Allah dan kecuaian
dalam hal penting itu menjadi punca berlaku perkara tidak diingini,” katanya.
Paling penting, katanya, pasangan yang berhadapan
dengan masalah orang ketiga perlu bermuhasabah diri, mencari kesilapan dan
memperbaikinya.
Perlakuan suami mencintai isteri orang lain dan
isteri mencintai suami orang lain adalah perbuatan yang telah lama berlaku ,
malah dirakamkan oleh Allah swt dalam al-Quran al-Karim.Kisahnya ialah
bagaimana isteri seorang pembesar yang menyimpan perasaan cinta kepada orang
lain yang bukan suaminya sehingga sanggup melakukan perbuatan yang diluar
kewarasan akal fikiran.Wanita tersebut ialah isteri kepada Al-Aziz ( Gelaran
bagi seorang Raja di Mesir ) yang mencintai Nabi Allah Yusof alaihissalam.(
Surah Yusof ayat 23 – 35 )
Ketahuilah , sesungguhnya perbuatan mencintai isteri
/ suami orang lain adalah perbuatan keji yang datangnya dari godaan syaitan
lantaran menuruti kehendak dan tuntutan nafsu syahwat yang tidak dibendung
dengan iman dan taqwa kepada Allah swt.Rasulullah saw berpesan kepada umatnya
agar sentiasa melawan hawa nafsu yang boleh menjerumuskan manusia kelembah dosa
dan kehinaan sebagaimana sabdanya :
المهاجر من هجر ما نهى الله عنه والمجاهد من جاهد هـــواه
“Orang yang berhijrah ialah hijrah dari hal-hal yang
dilarang oleh Allah swt dan orang yang berjuang itu ialah yang berjuang melawan
hawa nafsunya.”
“Selepas itu, perlu menjauhkan diri daripada orang
ketiga ini dan tidak boleh menjadikannya sebagai kawan sekalipun kerana jika
niat baik, ia tetap menimbulkan fitnah. Kena tutup buku dan jangan buka ruang
langsung kepada orang ketiga ini,” katanya.
Penceramah agama, Datuk Siti Nor Bahyah Mahamood,
pula berkata Islam sudah menetapkan peraturan berhubung pergaulan antara lelaki
dan wanita.
“Kita perlu tahu tanggungjawab dan pandai mengawal
diri kerana jika dalam hati ada perasaan terhadap orang lain, ia sangat
berbahaya.
“Bagi pasangan yang diganggu orang ketiga, mereka
perlu berbincang untuk mengatasi masalah itu bagi mengelak perceraian dan untuk
orang ketiga pula, dinasihatkan supaya tidak membina rumah tangga atas
kehancuran hati wanita lain.
“Jika orang ketiga itu sudah berkahwin dengan lelaki
berkenaan, dia perlu memahami hati isteri pertama yang rela berkorban untuk
menerima kehadirannya kerana ia bukan satu keputusan yang mudah,” katanya.
Hakikatnya, impian setiap pasangan yang mendirikan
rumah tangga mahu bahtera yang dilayari itu kekal sehingga ke akhir hayat,
tetapi ada di antaranya yang rebah di pertengahan jalan. Cabaran kehidupan
berumahtangga diumpamakan seperti membina rumah di tepian pantai, yang akan
dipukul gelora tanpa mengira masa dan hanya mereka yang kental saja mampu
mendepani cabaran itu.
“Dalam Islam, memang tidak ada istilah karma tetapi
tindakan seperti ini pastinya akan mey dengan doktrin sebab akibat, pelaku
kejahatan akan mendapat siksa atas dosanya yang berbuat baik akan mendapat
pahala,
Dari Abî Hurairah –radhiyallâhu ‘anhu- ia berkata:
“Rasulullâh – shallallâhu ‘alaihi wa sallam – bersabda: ‘Siapa menipu dan
merosak (hubungan) seorang hamba sahaya dari tuannya, maka ia bukanlah bagian
dari kami, dan siapa yang merosak (hubungan) seorang wanita dari suaminya, maka
ia bukanlah dari kami’”. [Hadîts shahîh diriwayatkan oleh Ahmad, Al-Bazzâr, Ibn
Hibbân, Al-Nasâ-î dalam al-Kubrâ dan Al-Baihaqî].
Rasulullâh –shallallâhu ‘alaihi wa sallam –
bersabda:
عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ – رَضِيَ اللهُ عَنْهُ – قَالَ:
قَالَ رَسُوْلُ اللهِ – صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ -: (( مَنْ خَبَّبَ عَبْدًا
عَلَى أَهْلِهِ فَلَيْسَ مِنَّا، وَمَنْ أَفْسَدَ اِمْرَأَةً عَلَى زَوْجِهَا فَلَيْسَ
مِنَّا )) [حديث صحيح رواه أحمد والبزار وابن حبان والنسائي في الكبرى والبيهقي]
Takhrîj Hadîts
Hadîts ini diriwayatkan oleh Imam Ahmad dalam
Al-Musnad [juz 2, hal. 397], Al-Bazzâr [lihat Mawârid al-Zham’ân juz 1, hal.
320], Ibn Hibbân dalam shahîh [juz 12, hal. 370], Al-Nasâ-î dalam Al-Sunan
al-Kubrâ [juz 5, hal. 385], dan Al-Baihaqî dalam Al-Sunan al-Kubrâ [juz 8, hal.
13], juga dalam Syu’abu al-Îmân [juz 4, hal. 366, juz 7, hal. 496].
Syekh Nâshir al-Dîn al-Albânî menilai hadîts ini
sebagai hadîts shahîh [Silsilah al-Ahâdîts al-Shahîhah hadîts no. 325].
Kandungan Hadîts
Secara garis besar hadîts ini berisi kecaman keras
terhadap dua perbuatan, yaitu:
1. Mengganggu seorang pelayan, atau pembantu atau
budak yang telah bekerja pada seorang tuan, sehingga hubungan di antara pelayan
dan tuannya menjadi rosak, lalu sang pelayan pergi meninggalkan tuannya, atau
tuannya memecat dan mengusir sang pelayannya.
2. Mengganggu seorang wanita yang berstatus isteri
bagi seorang lelaki, sehingga hubungan di antara suami isteri itu menjadi
rosak, lalu sang isteri itu meminta cerai dari suaminya, atau sang suami
menceraikan isterinya.
Bentuk-Bentuk Gangguan dan Tindakan Merosak
Ada beragam bentuk dan cara seseorang merosak
hubungan diantara suami isteri , di antaranya adalah:
1. Berdoa dan memohon kepada Allâh –subhânahu wa ta’âlâ-
agar hubungan seorang wanita dengan suaminya menjadi rosak dan terjadi
perceraian di antara keduanya.
2. Bersikap baik, bertutur kata manis dan melakukan
berbagai macam tindakan yang secara lahiriah baik, akan tetapi, menyimpan
maksud merosak hubungan seorang wanita dengan suaminya (atau sebaliknya). Perlu
kita ketahui terkadang sihir itu berupa tutur kata yang memiliki kemampuan
“menghipnotis” lawan bicaranya. Rasulullâh –shallallâhu ‘alahi wa sallam-
bersabda: “Sesungguhnya sebagian dari sebuah penjelasan atau tutur kata itu
adalah benar-benar sihir”. (H.R. Bukhârî dalam al-Adab al-Mufrad, Abû Dâwud dan
Ibn Mâjah. Syekh Albânî menilai hadîts ini sebagai hadîts hasan [silsilah
al-ahâdîts al-shahîhah, hadîts no. 1731]).
3. Memasukkan bisikan, kosa kata yang bersifat
menipu dan memicu, serta memprovokasi seorang wanita agar berpisah dari
suaminya (atau sebaliknya), dengan iming-iming akan dinikahi olehnya atau oleh
orang lain, atau dengan iming-iming lainnya. Perbuatan seperti ini adalah
perbuatan tukang sihir dan perbuatan syetan (Q.S. Al-Baqarah: 102). Rasulullâh
–shallallâhu ‘alaihi wa sallam- bersabda: “Sesungguhnya Iblis menempatkan
singgasananya di atas air, lalu menyebar anak buahnya ke berbagai penjuru, yang
paling dekat dengan sang Iblis adalah yang kemampuan fitnahnya paling hebat di
antara mereka, salah seorang dari anak buah itu datang kepadanya dan melapor
bahwa dirinya telah berbuat begini dan begitu, maka sang Iblis berkata: ‘kamu
belum berbuat sesuatu’, lalu seorang anak buah lainnya datang dan melapor bahwa
dia telah berbuat begini dan begitu sehingga mampu memisahkan antara seorang
suami dari isterinya, maka sang Iblis menjadikan sang anak buah ini sebagai
orang yang dekat dengannya, dan Iblis berkata: ‘tindakanmu sangat bagus sekali’,
lalu mendekapnya”. (H.R. Muslim [5032]).
4. Meminta, atau menekan secara terus terang agar
seseorang wanita meminta cerai dari suaminya atau agar seorang suami
menceraikan isterinya dengan tanpa alasan yang dibenarkan oleh syari’at.
Rasulullâh –shallallâhu ‘alaihi wa sallam- bersabda: “Tidak halal bagi seorang
wanita meminta (kepada suaminya) agar sang suami mencerai wanita lain (yang
menjadi isterinya) dengan maksud agar sang wanita ini memonopli ‘piringnya’,
sesungguhnya hak dia adalah apa yang telah ditetapkan untuknya”. (Hadîts
muttafaq ‘alaih).
Bentuk-bentuk seperti ini sangat tercela, dan
termasuk dosa besar jika dilakukan oleh seseorang kepada seorang wanita yang
menjadi isteri orang lain, atau kepada seorang lelaki yang menjadi suami orang
lain.
Dan hal ini semakin tercela lagi jika dilakukan oleh
seseorang yang mendapatkan amanah atau kepercayaan untuk mengurus seorang
wanita yang suaminya sedang pergi atau sakit dan semacamnya. Sama halnya jika
dilakukan oleh seorang wanita yang mendapatkan amanah atau kepercayaan untuk
mengurus keluarga seorang lelaki yang isterinya sedang pergi atau sakit dan
semacamnya.
Rasulullâh –shallallâhu ‘alaihi wa sallam- bersabda:
“Keharaman wanita (isteri yang ditinggal pergi oleh) orang-orang yang berjihad
bagi orang-orang yang tidak pergi berjihad (yang mengurus keluarga mujahid)
adalah seperti keharaman ibu-ibu mereka, dan tidak ada seorang lelaki pun dari
orang-orang yang tidak pergi berjihad yang mengurus keluarga orang-orang yang
pergi berjihad, lalu berkhianat kepada orang-orang yang pergi berjihad, kecuali
sang pengkhianat ini akan dihentikan (dan tidak diizinkan menuju surga) pada
hari kiamat, sehingga yang dikhianati mengambil kebaikan yang berkhianat sesuka
dan semaunya”. (H.R. Muslim [3515]).
Salah satu bentuk pengkhianatan yang dimaksud dalam
hadîts Muslim ini adalah merosak hubungan keluarga sang mujahid, sehingga
bercerai dari suaminya.
Bentuk
pengkhianatan yang lebih besar lagi adalah –na’ûdzu
billâh min dzâlik- berzina dengan keluarga sang mujahid.
Termasuk dalam pengertian mujahid ini adalah
seseorang yang mendapatkan tugas dakwah, atau menunaikan ibadah haji atau
umrah, atau bepergian yang mubah, lalu menitipkan urusan keluarganya (isteri
dan anak-anaknya) kepada orang lain. Dalam hal ini, jika yang mendapatkan
amanah berkhianat, maka, ia termasuk dalam ancaman hadîts Muslim ini.
Mirip-mirip dengan hal ini adalah jika ada seseorang
yang karena kapasitasnya, mungkin karena ia adalah seorang tokoh, atau pimpinan
sebuah organisasi atau kiai, atau ustadz, atau semacamnya yang diamanahi untuk
mendamaikan hubungan orang lain yang sedang rosak atau terancam rosak, akan
tetapi, ia malah mengkhianati amanah ini.
Hukum merosak Rumah Tangga Orang Lain
a. Hukum Ukhrawî
Para ulama’ bersepakat bahwa hukum mengganggu dan
merosak hubungan sebagaimana dimaksud dalam hadîts nabi di atas adalah haram
(lihat al-mausû’ah al-fiqhiyyah, pada bâb takhbîb), maka siapa saja yang
melakukannya, maka ia mendapatkan dosa dan diancam siksa di neraka.
Bahkan Imam Al-Haitsamî mengkategorikan perbuatan
dosa ini sebagai dosa besar.
Dalam kitabnya Al-Zawâjir ‘an Iqtirâf al-Kabâir
beliau menyebutkan bahwa dosa besar yang ke 257 dan 258 yaitu merosak seorang
wanita agar terpisah dari suaminya dan merosak seorang suami agar terpisah dari
isterinya.
Alasannya, hadîts nabi –shallallâhu ‘alaihi wa
sallam – di atas menafikan pelaku perbuatan merosak ini dari bagian umat
beliau, dan ini terhitung sebagai ancaman berat. Juga para ulama’ sebelumnya,
secara sharîh (jelas) mengkategorikannya sebagai dosa besar. (lihat Al-Zawâjir
juz 2, hal. 577).
b. Hukum Duniawî
Ada dua hukum duniawi terkait dengan hadits ini,
yaitu:
1. Jika ada seorang lelaki yang merosak hubungan
seorang wanita dari suaminya, lalu sang wanita itu meminta cerai dari suaminya,
dan sang suami mengabulkannya, atau jika ada seorang lelaki merosak hubungan
seorang wanita dari suaminya, lalu sang suami marah dan menceraikan isterinya,
lalu sang lelaki yang merosak ini menikahi wanita tersebut, apakah
pernikahannya sah?
Jumhur ulama’ berpendapat bahwa pernikahan sang
lelaki perosak dengan wanita korban tindakan perosakannya adalah sah. Alasannya
adalah karena wanita tersebut tidak secara eksplisit terhitung sebagai
muharramât (wanita-wanita yang diharamkan baginya).
Namun, ulama’ Mâlikiyyah memiliki pendapat yang
berbeda dengan Jumhur. Mereka berpendapat bahwa pernikahan yang terjadi antara
seorang lelaki perosak dengan wanita yang pernah menjadi korban tindakan
perosakannya harus dibatalkan, baik sebelum terjadi akan nikah di antara
keduanya atau sudah terjadi. Alasan Mâlikiyyah dalam hal ini adalah:
i. Demi menerapkan hadîts yang menjadi kajian kita kali
ini.
ii. Agar tidak menjadi preseden buruk bagi munculnya
kasus-kasus lain yang serupa, demi menjaga keutuhan rumah tangga kaum muslimin.
Baca Juga : Kisah Nyata : Isteri Yang Berkhianat
Pada Suami Dan Berzina Akibat Facebook
iii. Hal ini terhitung dalam kategori kaidah fiqih:
man ta’ajjala syai-an qabla awânihi ‘ûqiba bihirmânihi (siapa yang terburu-buru
mendapatkan sesuatu sebelum saatnya, maka ia dihukum dengan tidak diperkenankan
mendapatkan sesuatu itu). Kaidah ini pada asalnya berlaku bagi seseorang yang
melamar dengan kata-kata sharîh seorang wanita yang masih dalam masa iddah
(tunggu) pasca kematian suaminya. (Q.S. Al-Baqarah: 235).
Logikanya, jika melamar dengan kata-kata sharîh
terhadap seorang wanita yang masih dalam masa iddah karena kematian suaminya
saja tidak dibenarkan, padahal dalam hal ini tidak ada aspek perosakan yang
berakibat terciptanya perceraian wanita itu dari suaminya (karena memang
suaminya telah meninggal), maka, jika ada seseorang yang merosak seorang wanita
yang masih bersuami, sehingga tercipta perceraian wanita itu dari suaminya,
hukumnya tentunya lebih berat daripada yang dimaksud dalam kaidah fiqih ini.
Untuk itulah, jika akan terjadi pernikahan antara sang lelaki perosak hubungan
dengan wanita “korban” tindakan perosakannya, maka, hal ini harus dicegah, dan
jika sudah kadung terjadi pernikahan di antara keduanya, maka, pernikahan itu
harus dibatalkan.
Yang lebih menarik lagi dari pendapat Mâlikiyyah ini
adalah: ada sebagian dari ulama’ Mâlikiyyah yang berpendapat bahwa wanita
“korban” tindakan perosakan seorang lelaki, menjadi haram selamanya bagi sang
lelaki perosak tersebut.
Perbedaan pendapat ini kami sebutkan di sini sebagai
peringatan keras bagi siapa saja agar tidak melakukan perbuatan seperti ini,
walaupun, secara hukum fiqih, pendapat Jumhur lebih kuat, akan tetapi, pendapat
Mâlikiyyah, perlu kita jadikan sebagai cambuk peringatan.
2. Jika ada seseorang yang melakukan perbuatan
terlarang ini, adakah ia perlu mendapatkan hukuman di dunia?
Para ulama’ berpendapat bahwa perbuatan terlarang
seperti ini, jika ada yang melakukan, maka hakim berwewenang menjatuhkan ta’zîr
(hukuman yang ketentuannya ditetapkan oleh hakim atau penguasa) dengan syarat
tidak melebihi bobot 40 cambukan.
Di antara mereka ada yang berpendapat, hukumannya
adalah kurungan penjara sampai ia menyatakan tobat atau meninggal dunia
(sebagian penganut Mazhab Hanafî)
Di antara mereka ada yang berpendapat, cukup diberi
cambukan keras saja, dipublikasikan perbuatannya, agar orang waspada darinya
dan agar orang lain mengambil ibrah (sebagian penganut madzhab Hanbalî).
Catatan Lain
Ada satu hal yang menarik untuk dicatat di sini,
yaitu tentang sikap para ulama’ saat menyebutkan hadîts ini.
Sebagian mereka mencantumkan hadîts yang sedang kita
kaji ini dalam bab “orang yang merosak hubungan suami isteri ”, tanpa
embel-embel ancaman dalam kalimat babnya. Seperti yang dilakukan oleh Imam
Al-Nasâ-î dan Al-Bazzâr.
Akan tetapi, ada sebagian dari mereka yang
mencantumkan hadîts yang sedang kita kaji ini dalam bab yang mengandung kalimat
ancaman, seperti: al-zajr (penjelasan untuk membuat jera), al-tasydîd
(peringatan keras), sebagaimana yang dilakukan oleh Imam Ibn Hibbân dan Imam
Al-Baihaqî.
Yang menarik adalah ada sebagian ulama’ yang
mengkategorikan hadîts ini ke dalam bab makar dan tipu daya, sebagaimana yang
dilakukan oleh kitab kanz al-‘Ummâl.
Semoga kita semua terhindar dari perbuatan yang
sangat tercela ini, amin
ikalan saiz 250
iklan adnow
0 Response to "Inilah Sebabnya Al-Quran Sangat Melarang Keras Orang Yang Merebut Suami atau Isteri Orang, Ini Akibatnya!!"
Post a Comment